Cara Mengatasi Komentar SPAM (SAMPAH) Pada Blog

Artikel terkait : Cara Mengatasi Komentar SPAM (SAMPAH) Pada Blog

no spam

Sahabat blogger. Rehat beberapa hari tidak lantas membuat kita patah semangat dalam berkarya. Walau dalam rutinitas yang padat, ane sempatkan berbagi dengan sahabat blog Sahil semua. Tulisan Ane kali ini berkenaan dengan maraknya komentar spam dalam blog kita. Tentu sahabat blog Sahil pernah merasakannya sendiri, perasaan risi dan kurang mengerti akan cara etika komunikasi yang baik. Oleh karena itu, dalam ulasan kali ini akan kita coba aplikasikan ke dalam blog kesayangan. Diawali dengan kisah fakta berikut selama saya rehat beberapa hari yang lalu (sebenarnya dulu-dulu juga sudah sering terjadi). 

Sahabat blogger. Beberapa hari yang lalu ada pengalaman unik di dalam blog saya. Sebelum menulis posting ini, saya sempat menghapus banyakkomentar spam di blog saya. Isinya kurang lebih promosi iklan obat kuat, obat kanker, obat herbal atau pengobatan penyakit lain. Mungkin tidak saya saja yang mengalami hal ini. Apakah rekan-rekan pernah mengalami hal yang sama dengan Ane? Berdasarkan informasi yang saya peroleh di Wikipedia, terjemahan bebas arti kata spam adalah komentar sampah, yang bertujuan tidak untuk mengomentari posting artikel yang kita buat, tetapi untuk tujuan bentuk lain. Berikut komentar yang Ane hapus dan TIDAK SAYA TERBITKAN dalam blog Sahil:
komentar spam di blog sahil
Sahabat blog Sahil. Dari banyak sumber yang saya baca, sebenarnya komentar spam (sampah)sudah berkembang sejak dulu sampai sekarang. Parahnya lagi, kegiatan nyepampada blog/web dapat dilakukan secara otomatis (automatic control) menggunakan software, atau secara manual. Tak ayal, kegiatan para spammerini membuat para pengembangsoftware berfikir untuk membuat penangkal spam secara otomatis (automatic control).Namun semua itu tetap saja terdapat celah bagi para spammer untuk menyebarkan spam ke blog kita, karena sudah hukum alam (sunnatulloh), bahwa seiring berkembangnya penangkal spam, pasti para spammer juga semakin pintar. Namun kita sebagai manusia yang kreatif, tetap harus ikhtiar dengan terus belajar juga dan berdo’a tentunya. Dan semoga ulasan cara menangkal spam di bawah ini dapat bermanfaat (haqqul yakin bermanfaat). Sebenarnya apa sih tujuan orang menyebarkan komentar Spam alias komentar sampah? Berikut jawaban pertanyaan tadi menurut pendapat Ane dan beberap sumber lain.


TUJUAN PARA SPAMER KE BLOG KITA 
Sahabat blog Sahil. Komentar spam pada dasarnya akan membawa konsekuensi logis kepada orang yang berkomentar spam, atau kepada blog kita yang terkena spam (SAMPAH). Beberapa motivasi yang dilakukan para penyebar komentar spam antaralain:
  1. Mereka ingin mendapatkan backlink dari blog yang dikomentari.
  2. Dengan backlink, mereka berkeyakinan blog/web akan menjadi terkenal dan banyak pengunjung (trafic tinggi).
  3. Dengan blog/web bertrafik tinggi, mereka berkeyakinan seluruh konten secara umum akan dinilai bagus oleh search engine (mesin pencari, seperti google, bing, ask, yahoo, alexa toolbar dan lain-lain).
  4. Dengan berkeyakinan bahwa blog/web mereka dinilai bagus dan akan kerap ditampilkan oleh search engine, mereka akan menyisipkan jualan produk tertentu (mohon maaf njeh jika agak kurang pas).
  5. Paling parah mereka menyebarkan virus berbahaya (malwer) ke blog kita.
  6. Dan lain-lain (ikut nyimak diskusi, jual tampang di blog/web orang dll).
Ternyata begitu banyak tujuan komentar soam pada web/blog kita njeh. Lebih jelasnya, kita bisa mengetahui ciri-ciri komentar spam di bawah ini.

Ciri-Ciri Komentar SPAM
Sahabat blog Sahil. Dari ulasan di atas, tentu sedikit banyak kita sudah memiliki gambaran tentang bentuk dan ciri-ciri komentar spam. Menurut blog Sahilluqman, sebuah komentar dikatakan sebagai spamatau tidak jika terdapat ciri-ciri berikut:
  1. Menggunakan keywordatau kata kunci sebagai pengganti nama. Hal ini sering terjadi jika kita menyediakan kotak komentar blog/web dengan fitur Url.
  2. Berkomentar sebaris dan umum, serta menyisipkan alamat website Pengalaman saya biasanya promosi obat. Contohnya: “terimakasih artikelnya. Silakan kunjungi balik di (menyertakan namayang berkaitan dengan keyword / kata kunci mereka (via Name / Url), seperti obat pembesar, obat kanker, obat. (kategori promosi).
  3. Memuji artikel kita dan berkomentar pendek. Seperti : thanks, terimakasih, great artikel, Mantap Gan, Bagus infonya Gan, dan berbagai Gan – Gan yang lain.
  4. Komentar yang dibuat tidak nyambung dengan materi posting yang dikomentari, alias Out Of Topic(OOT). Misalkan postingnya membahasa cara mengatasi SPAM, komentarnya tentang merubah TEMPLATE.
Metode yang satu ini juga sering digunakan para blogger (jujur Sob, hehe). Biasanya berisi permintaan untuk melakukan kunjungan balik ke sebuah blog / website.
Sahabat blog Sahil. Disadari atau tidak, terkadang kita lengah dan membuat komentar kita terindek spam oleh search engine (mesin pencari). Tentu kita sadar juga bagaimana dampaknya terhadap blog kita. Apakah memang berdampak atau tidak terhadap blog kita? Dalam hal ini mari kita bahas lagi tentang berbagai dampak negatif dan positif (wah, berdampak positif juga ya) komentar spam pada sebuah web atau blog.
Dampak Negatif Komentar SPAM 
Dampak negatif komentar spam bagi sebuah web/blog antara lain:

  1. Membuat pembaca terganggu.
  2. Tentu saja, pembaca akan merasa terganggu apabila ada banyak komentar spam yang tidak berhubungan dengan judul atau bahasan posting artikel blog yang bersangkutan. Judulnya saja tentang spam, komentarnya malah tentang cara buat tahu (komentar OOT-Out Of Topic)
  3. Memperlambat loadingsebuah blog (berat dan lelet).
  4. Jika semakin banyak komentar, maka akansemakin lama/leletwaktu loadingsebuah blog. Tentu tidak masalah apabila komentar tersebut berisikan tanggapan untuk posting Anda. Namun, akan menjadi masalah apabila komentar tersebut adalah komentar spam. Sehingga sahabat blog Sahil kudu faham tentang dampak lamanya loading blog, seperti pemilihan template yang baik dan benar serta optimasi dasar SEO sebuah blog. MENURUT GOOGLE,semakin lama, lelet dan berat sebuah blog dibuka, maka dapat mengalihkan perhatian pengunjung ke blog lain. PARAHNYA, blog kita akan dinilai jelek oleh google atau bahkan search engine yang lain. Sekedar Saran, minimal kecepatan loading blog/web kita 80% menggunakan tools GTmetrik.
  5. Menurunkan kredibilitas dan kualitas blog kita di mata para web master. 
  6. Menurunkan reputasi blog di search engine (mesin pencari).
  7. Menurunkan page rankblog kita di mata google atau search enginelainnya. Hal tersebut dikarenakan Google sangat membenci komentar spam. Mereka memiliki analisis yang sangat baik untuk membedakan antara komentar spam dan tidak.
Namun demikian, terdapat beberapa dampak positif komentar spam pada blog/web.
Dampak Positif Komentar SPAM
Memang, mungkin Anda menganggap komentar spam hanya akan berdampak buruk bagi blog Anda. Namun, ada dampak positifnya. Menurut pendapat Ane:
  1. Mungkin komentar spam dapat meningkatkan pengunjung blog Anda.Jangan marah dulu Sob. Begini analoginya. Alasanya cukup sederhana. Jika para spammer ingin melakukan aksinya,tentu mereka harus berkunjung ke blog Anda. Kunjungan ini tentu saja dihitung sebagai kunjungan biasa, atau dengan kata lain masuk dalam traffic counter. Trafik pengunjungnya naik Sob, tapi oleh orang yang hanya sekedar nyepam.
  2. Komentar spam juga dapat menyadarkan sang pemilik web/blog agar dapat mengurus blognya dengan baik.
Cara Mengatasi Komentar SPAM
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memberantas komentar spam. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang dapat dicoba :
1. Gunakan fitur moderasi (moderate) komentar. Dengan fitur ini, komentar yang masuk tidak akan terbit, sampai Anda menyetujuinya. Caranya: Login blogger > pilih setting > post dan komentar > isi sesuai keinginan > Save
2. Gunakan fitur captha
3. Saat membuat komentar, user akan diminta untuk mengetik ulang kata yang ada pada gambar tertentu. Jika penulisan kode kata atau nomer tersebut, maka komentar baruditerbitkan. Capthasangat efektif untuk mencegah spammer yang beraksi dengan software, namun masih dapat ditembus aksi spamming yang dilakukan secara manual. Cara settingnya sama pada langkah pertama, namun hanya pilih opsi Captha saja.
4.Para pengunjung disarankan menggunakan Open ID saat berkomentar. Dengan pilihan ini, para spammer tidak akan mudah menyebarkan spam secara otomatis, karena mereka harus login terlebih dahulu menggunakan akun google yang mereka miliki untuk berkomentar pada blog kita.
5.Nofollowkanlink yang ada pada kotak komentar. Sebenarnya, pada banyak template blogger, atribut nofollow sudah otomatis ditambahkan dalam kotak komentar. Jika perlu, Anda dapat memasang scriptyang dapat mematikan link pada komentar secara otomatis.
6.Hapus pilihan Anonymous dan Name/URL pada kolom komentar. Menurut saya, pilihan ini mungkin dapat Anda jadikan pilihan terakhir. Mengapa saya katakana begitu? Dengan dihapuskannya fitur Name / URL dan Anonymous, pengunjung akan diwajibkan untuk login sebelum membuat komentar. Tentu ini akan menyulitkan mereka.
7.Sering-seringlah membaca komentar yang ada di blog Anda. Segera hapus jika ada yang terkategori komentar spam.
Demikian sedikit uraian tentang Spam. Semoga bermanfaat.

Artikel Sahiluqman Lainnya :

3 komentar:

  1. lebih banyak dampak negatif apa positif dengan adanya komentar spam? terima kasih tutorilnya. Tabah sukse.

    ReplyDelete
  2. terimakasih untuk infonya sangat membantu sekali

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di sini!

Copyright © 2016 Sahiluqman